Hati Hati , Kenali Hal Yang Membatalkan Syahadat Kita Hati Hati , Kenali Hal Yang Membatalkan Syahadat Kita - Rawatan Dalam Islam

Hati Hati , Kenali Hal Yang Membatalkan Syahadat Kita

Syahadat adalah pintu awal manusia untuk masuk ke dalam agama Islam yang menjamin kebaikan baik didunia maupun di akhirat namun dengan berbagai hal kesulitan hidup dan juga himpitan ekonomi kadang membuat manusia menjadi batal syahadatnya. Namun tahukah kamu apa saja yang bisa membatalkan syahadat? simak selanjutnya di tulisan ini.

1. Syirik Kepada Allah,
Firman Allah,“sesungguhnya Allah tidak mengampuni dosa mempersekutukan (sesuatu) dengan Dia, dan Dia mengampuni dosa selain dari syirik itu bagi siapa yang di kehendaki-Nya.” (Qs.4 An Nisaa’: 116).
“Sesungguhnya orang yang mempersekutukan (sesuatu dengan) Allah, maka pasti Allah mengharamkan padanya surga, dan tempatnya ialah neraka, tidaklah ada bagi orang-orang dzalim itu seseorang penolongpun.”(Qs.5 Al Maidah: 72).

Termasuk dalam poin ini adalah berdo’a kepada orang yang sudah mati dan minta bantuan kepada mereka atau bernadzar dan memberi sesaji baik berupa makanan, minuman, hewan kurban, bunga dan lainnya.

2. Menjadikan sesuatu sebagai perantara dengan Allah dimana seseorang berdo’a dan meminta syafaat serta bertawakal kepada sesuatu tersebut, orang yang berbuat hal seperti ini telah kafir secara ijma’.

Contoh: meminta tolong melalui perantara jin, meminta do’a melalui Nabi, meminta ampun melalui Nabi Isa atau Siti Maryam/bunda Maria, meminta perlindungan melalui malaikat, meminta berkah melalui Santo Kristen dan sejenis. Semua doa, ampun, permintaan, HARUS & HANYA ditujukan bagi ALLAH saja.

3. Siapa yang tidak mengafirkan orang-orang musrik atau meragukan kekafiran mereka atau membenarkan ajaran mereka. Maka orang yang berkeyakinan seperti ini juga telah kafir.

Mereka telah membetulkan ajaran agama lain yang salah yang bermakna mereka pun mengakui ajaran agama yang salah. Ertinya mereka mengakui bahwa ada Tuhan selain Allah itu benar

4. Membuat undang-undang menurut kemauan manusia,
Bukan menurut kehendak dan ketentuan yang telah digariskan oleh Allah.
Perbuatan ini termasuk melawan Allah SWT karena Allahlah yang mempunyai hak menetukan undang-undang bagi kehidupan manusia, halal dan haram, peraturan hidup, kehakiman, dan segala perintah serta larangan. Hal ini diperkuat dalam firman Allah Surat Al-A'raf ayat 54" "Bukankah pembikinan dan kekuasaan itu kepunyaan-Nya ? Maha Tinggi Allah, Pengurus Sekalian Mahluk." (QS. Al-A'raf: 54) 

5. Menjalankan hukum selain dari hukum Allah atau tidak menggunakan hukum Allah sebagai rujukan dalam semua masalah.
Ini berdasarkan firman Allah SWT dalam Surah Al-maidah ayat 44:
"Karena barangsiapa tidak menghukum dengan apa yang diturunkan oleh Allah, maka (adalah) mereka itu orang-orang yang kafir." (QS. Al-Maidah: 44)

Dan masih banyak lagi hal halyang sangat memungkinkan syahadat kita dan akan sangat berbahaya bagi kelangsungan keimanan kita. Hal yang paling berbahaya adalah dengan kita tidak termasuk dalam lindungan Allah. Semoga kita tetap bisa mempertahankan syahadat kita.
Artikel Terkait